BKD Provinsi Riau

Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur, BKD Selenggarakan Pelatihan ESQ

35

Dalam rangka meningkatkan kualitas mentalitas sumber daya aparatur yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau melalui Bidang Kedudukan Hukum dan Kesra menyelenggarakan pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bagi sejumlah pegawai negeri sipil dari SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau pada hari kamis (6/11).

Kegiatan yang yang diselenggarkan di Hotel Furaya Pekanbaru ini berjalan dengan tertib dan khidmat. Para peserta terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan ESQ. Hal ini bisa dilihat dari besarnya partisipasi peserta dalam setiap quiz, games dan materi yang disampaikan oleh trainer ESQ, Fahrul Jamal.

Emotional Spiritual Quotient merupakan suatu pelatihan yang membangun mental dan character building seseorang sehingga bisa berfikir dan bertindak dengan baik dan benar dengan menggunakan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. ESQ bertujuan membentuk karakter melalui penggabungan 3 potensi manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Selama ini, ketiga potensi tersebut terpisah dan tidak didayagunakan secara optimum untuk membangun sumber daya manusia. Akibatnya, terjadi krisis moral dan split personality yang berdampak pada turunnya kinerja. Lebih buruk lagi, mereka menjadi manusia yang kehilangan makna hidup serta jati dirinya.(fh)