BKD Provinsi Riau

Pemerintah Tunda Penerimaan CPNS 2015

23

Pemerintah memutuskan untuk menunda seleksi penerimaan CPNS tahun 2015. Kebijakan tersebut tertuang dalam surat Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi bernomor B/2163/M.PAN/06/2015 yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2015. Kebijakan ini dilakukan mengingat masih banyak Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang belum menyelesaikan kewajibannya  dalam Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) dengan benar, serta perencanaan kebutuhan pegawai dalam 5 tahun. Selain karena Anjab dan ABK yang belum selesai, penundaan ini juga karena Pemerintah tengah merampungkan sejumlah peraturan pelaksanaan dari UU tentang ASN dan karena alasan efisiensi anggaran.

Namun, kebijakan ini memiliki pengecualian untuk Kementerian/Lembaga yang memiliki sekolah kedinasan. Selanjutnya selama masa penundaan, Menteri PANRB mengimbau kepada K/L dan Pemerintah Daerah untuk fokus segera menyelesaikan Anjab dan ABK serta melakukan perbaikan dalam penghitungan kebutuhan pegawai.

Penetapan Anjab dan ABK ini merupakan awal dari rangkaian Reformasi Manajemen ASN yang diupayakan Pemerintah untuk mendapatkan aparatur yang berkualitas. Pemerintah juga menjamin pelaksanaan penerimaan CPNS berlangsung dengan sangat objective dan tranparan dengan Sistem CAT (Computer Assisted Test) tahun ini disebabkan penerimaan CPNS masih sangat diminati masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Riau, Bapak Drs. Asrizal, MPd, telah menerima informasi adanya oknum yang ‘’menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS’ Tahun 2015’. Bahkan oknum tersebut telah meminta sejumlah dana untuk memperlancar proses dan menyuap pihak-pihak terkait. Untuk itu, beliau mengingatkan agar masyarakat tidak mudah tertipu dan menyampaikan bahwa tidak ada ‘’percaloan’’ dalam penerimaan CPNS baik dari formasi umum, khusus maupun dalam penerimaan CPNS K2. Beliau juga menghimbau khusus bagi masyarakat yang berminat mendaftarkan diri menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk dapat mempersiapkan dan membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan yang akan diujikan dalam Seleksi Penerimaan CPNS.

Tautan: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/anjab-dan-abk-belum-beres-pemerintah-tunda-seleksi-cpns-2015