BKD Provinsi Riau

Logo Peringatan 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

26

Ada yang berbeda dari logo peringatan 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Jika biasanya logo peringatan kemerdekaan hanya berbentuk angka ulang tahun disertai bendera berkibar, kini logo 70 tahun Kemerdekaan RI berbentuk angka dengan visualisasi garuda pada angka tersebut.

Logo tersebut juga dirangkaikan dengan pencanangan Gerakan Nasional “Ayo Kerja” yang dilangsungkan di Sabang, Pulau Weh pada Selasa, (10/3).

Gerakan ‘’Ayo Kerja’’ menjadi representasi dari semangat “Kerja, kerja, kerja” yang digelorakan oleh Presiden Jokowi dalam pemerintahannya. Kerja ini juga dilandaskan dengan keinsyafan akan kekuatan persatuan Indonesia. Kerja yang dilakukan dengan gotong royong dari seluruh anak bangsa tanpa kecuali.

Presiden Indonesia ke 7 ini juga menyampaikan bahwa “Gotong royong bukan hanya urusan rakyat, para pemimpinlah yang pertama dan terutama harus mampu memberikan contoh bergotong royong dalam kerja. Karena kita yakin tantangan besar yang dihadapi Bangsa Indonedia hari ini baik  nasional, regional maupun global memerlukan upaya bersama yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote”.

Menurut Presiden Jokowi, gotong royong dalam kerja seharusnya menjadi jiwa Gerakan Perayaan 70 Tahun Kemerdekaan RI, sehingga perayaan kemerdekaan itu benar-benar menjadi perayaan rakyat untuk bangkit dalam kehidupannya sehari-hari.

Ia menegaskan. Ayo Kerja bukanlah slogan semata, melainkan sebuah pergerakan seperti yang pernah dibayangkan oleh Bung Karno, Bapak Bangsa dan Proklamator kemerdekaan RI.

“Saya memiliki keyakinan yang sama dengan Bung Karno bahwa pergerakan yang kita ingin bangun adalah pergerakan menjebol mentalitas bangsa yang masih berada dalam ketidakadilan, ketidakmerdekaan, ketertindasan, serta membangun  sebuah mentalitas baru sebagai bangsa yang merdeka seratus persen,” tegas Jokowi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Menteri Dalam Negeri melalui surat Nomor 100/1325/SJ tanggal 16 Maret 2015 perihal Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ dalam rangka 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia telah menyampaikan:

  1. Mencanangkan Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ di instansi masing-masing menjadi gerakan moril revolusi mental untuk mengubah karakter bangsa ke arah budaya rajin bekerja bagi penyelenggara negara;
  2. Menjadikan Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ sebagai alat pemersatu bangsa dan negara;
  3. Menerapkan kebijakan Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ ke dalam seluruh aspek kehidupan dan pembangunan daerah untuk mewujudkan program Nawa Cita;
  4. Memperkuat sinergitas Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ antara penyelenggara negara, sektor swasta dan masyarakat sesuai dngan bidang dan peran masing-masing;
  5. Menjadikan Gerakan Nasional ‘’Ayo Kerja’’ sebagai tema di instansi masing-masing’’;