BKD Provinsi Riau

Hari Ini Rapat Sekretariat Pansel Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Riau

111

Hari ini, Rabu, Ketua dan Anggota Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Provinsi Riau mengadakan rapat koordinasi lanjutan. Rapat dibuka dengan sambutan Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Provinsi Riau, Muhammad Guntur. Dalam sambutannya Plt. Kepala BKPPD Provinsi Riau menyampaikan agar Anggota Panitia Sekretariat Pansel bekerja dengan baik, objektif, profesional dan transparan. Disampaikannya juga bahwa Panitia Sekretariat tersebut bertugas untuk memfasilitasi pelaksanaan seleksi administratif dan membantu kelancaran pelaksanaan tugas Tim Pansel.

Sebagaimana telah diumumkan Plt. Gubernur Riau, Bapak Arsyadjuliandi Rachman bahwa Tim Pansel terdiri dari 5 orang yakni mantan Rektor Universitas Riau, Prof. DR. Muchtar Ahmad (sebagai Ketua Tim), Syamsul Rakan Chaniago, SH, MH yang merupakan hakim agung adhoc Mahkamah Agung, Ir. Feizal Qomar Karim, M.Eng. mantan pejabat Pemprov Riau, DR. Ediyanus Herman Halim, ekonom yang juga akademisi Universitas Riau serta Prof. DR. Laksono Trisnantoro dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tim Pansel ini akan bekerja dan melaksanakan tes kompetensi dan wawancara di Menara Lancang Kuning (Gedung 9 lantai Kantor Gubernur Riau).

Setelah menyampaikan sambutannya, pimpinan rapat dilanjutkan oleh ketua Sekretariat Pansel Bapak. Drs. Agustiarman, Kepala UPT Assesment dan Kerohanian, BKPPD Provinsi Riau. Beliau menjelaskan tahapan proses yang akan dilaksanakan dalam seleksi ini yakni seleksi berkas administrasi yang berlangsung dari hari Senin/9 Maret 2015 sampai dengan Hari Jum’at/13 Maret 2015, pelaksanaan assesment test di RADC Polda Riau, penyampaian hasil assesment ke Tim Pansel, tes kemampuan dan wawancara oleh Tim Pansel, penetapan pejabat yang telah diseleksi oleh Tim Pansel dan pelaporan hasil assesment Tim Pansel ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Proses ini mencapai puncak dengan diadakannya pelantikan pejabat defenitif Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Riau yang ditargetkan dapat dilaksanakan awal April 2015.

Disampaikan juga bahwa tes kompetensi yang akan diadakan di Assessment Test RADC Polda Riau meliputi tes psikomentri, manajerial, bidang dan teknis.

Proses seleksi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengisi Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau yang memenuhi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.