BKD Provinsi Riau

Hari ini Launching KPE di Kabupaten Siak

175

Hari ini, Senin (6/4) Pemerintah Kabupaten Siak mengadakan launching KPE yang dihadiri Bupati beserta jajaran dan Muspida Pemerintah Kabupaten Siak, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Direktur Pengolahan Informasi BKN, Direktur Bank Riau Kepri, BKN Kanreg XII dan BKPPD Provinsi Riau.

Acara dibuka dengan tari persembahan dan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya serta do’a bersama. Dalam laporannya, Kepala BKD Kabupaten Siak menyampaikan bahwa KPE berfungsi sebagai kartu identitas PNS yang sulit untuk dipalsukan dan berfungsi untuk membantu layanan administratif Kepegawaian. PNS Kabupaten Siak yang telah mengikuti rekam data biometrik berjumlah 6.136 orang. Sedangkan KPE yang telah terbit berjumlah 6032 kartu, sisanya masih belum diterima atau dikembalikan.

Selanjutnya Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Bapak Edy Wahyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan berlakunya UU ASN, aparatur dituntut berkinerja tinggi. Adanya KPE diharapkan membantu aparatur menerima layanan administrasi kepegawaian secara cepat dan tepat. KPE berisi data kepegawaian meskipun data yang ada didalamnya dapat berubah sangat cepat. Hal ini diupayakan untuk diatasi dengan rekonsiliasi data dan tahun ini akan diadakan lagi e-PUPNS. Beliau juga mengharapkan PT. Bank Riau Kepri dapat berpartisipasi aktif untuk membantu PNS dalam pengelolaan anggaran. Kemudahan-kemudahan ini diharapkan membantu PNS dapat lebih fokus dalam pekerjaannya.

Launching dibuka oleh Bupati Siak, Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si. Beliau menyampaikan pesan bahwa KPE berguna untuk mendukung layanan kepegawaian dan perbaikan data pegawai. Implementasi penggunaan KPE merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara BKN dan Gubernur Riau. Dibutuhkan sosialisasi selanjutnya agar semua PNS dapat merasakan manfaatnya. Sistem elektronik seharusnya memudahkan pengelolaan kepegawaian secara efektif dan efisien.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama penyerahan berita acara antara Pemerintah Kabupaten Siak dan Bank Riau Kepri serta penyerahan secara simbolik KPE kepada PNS dan simulasi penggunaan KPE sebagai ATM. Dalam simulasi disampaikan bahwa KPE dapat berfungsi sebagai kartu ATM di Bank ATM Bersama, Bank Malaysia dan berbagai merchant di mall.(ryn)