BKD Provinsi Riau

Gubri Serahkan SK PPPK Fungsional Teknis di Lingkungan Pemprov Riau

Gubri Serahkan SK PPPK Fungsional Teknis di Lingkungan Pemprov Riau

995

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar telah mengadakan upacara pengambilan sumpah bagi semua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam posisi Tenaga Teknis dan Guru di wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Upacara tersebut berlangsung secara virtual dan fisik di Gedung Pauh Janggi, Pekanbaru, pada Rabu (04/10/2023).

Menurut Gubri Syamsuar, upacara pengambilan sumpah ini telah diselenggarakan sesuai dengan peraturan pemerintah. Ia menekankan bahwa penundaan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah ini akan mengakibatkan keterlambatan pembayaran gaji PPPK.

“Hari ini, kami mengambil sumpah dari para pegawai PPPK, baik dari kalangan guru maupun tenaga teknis. Hal ini sesuai dengan ketentuan peraturan. Karena gaji mereka akan dihitung mulai dari saat ini. Oleh karena itu, kami mempercepat pelantikan dan pengambilan sumpah,” jelasnya.

Gubernur Syamsuar juga menyatakan bahwa beberapa bulan sebelumnya, ia bersama stafnya telah turun ke daerah untuk memberikan motivasi kepada pegawai PPPK dan mendengarkan masalah yang mereka hadapi. Ia mengingatkan bahwa PPPK memiliki tanggung jawab yang sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berharap agar para pegawai yang baru dilantik menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab.

“Ia menegaskan, “Saya berharap tidak ada perbedaan antara ASN dan PPPK. Selama sesuai dengan peraturan, mereka diberikan amanah dan kepercayaan untuk menjalankan jabatan fungsional mereka.”

Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa ia telah memerintahkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan, untuk menghubungi kementerian terkait guna mengklarifikasi apakah pegawai PPPK ini dapat menjabat atau tidak. Hal ini diharapkan dapat mempermudah pengangkatan pegawai tersebut.

“Namun, jika mereka akan ditugaskan, mereka dapat membantu dalam tugas keuangan mereka. Saya telah meminta Kepala BKD untuk mengirim surat ke kementerian terkait agar kita dapat mendapatkan panduan lebih lanjut,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gubernur Syamsuar mengharapkan agar seluruh pegawai PPPK dapat fokus pada tugas mereka dan selalu bersemangat. Bagi pegawai PPPK yang merupakan guru, ia memberikan pesan agar mengajar dengan sepenuh hati dan berusaha meningkatkan prestasi siswa.

“Kami berharap mereka akan bersemangat dan sepenuh hati dalam mengajar anak-anak. Kami ingin melihat peningkatan prestasi. Kami berharap agar prestasi dapat meningkat, bukan hanya di kota, tapi juga di seluruh wilayah,” katanya.