BKD Provinsi Riau

Gubri Serahkan 120 SK PPPK kepada Guru Honorer di Kepulauan Meranti

Gubri Serahkan 120 SK PPPK kepada Guru Honorer di Kepulauan Meranti

343

Sejumlah 120 Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah diberikan kepada tenaga pendidik yang bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di SMA 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, pada Rabu (30/8/2023).

Gubri Syamsuar mengungkapkan bahwa sebanyak 5.851 peserta telah berhasil lulus seleksi PPPK fungsional guru Pemprov Riau pada tahun 2022. Di wilayah kerja Kabupaten Kepulauan Meranti, terdapat 120 SK PPPK tenaga pendidik yang telah diserahkan.

Pada saat ini, Pemprov Riau telah memberikan total 4.639 SK PPPK guru. Meskipun begitu, masih terdapat tiga kabupaten yang belum menerima SK PPPK, yaitu Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dengan 410 SK, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan 372 SK, dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan 389 SK.

Gubri Syamsuar menjelaskan alasan di balik penyerahan SK ini secara langsung. Ia ingin berbicara langsung dengan kepala sekolah dan pengawas, agar pesan terkait perbaikan di sekolah-sekolah dapat tersampaikan. Ia juga ingin memberikan pesan sebagai pedoman bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan para murid.

Menurutnya, masa depan ada di tangan para murid. Oleh karena itu, perlu persiapan agar mereka memiliki kualitas yang baik dan daya saing yang tinggi. Kompetisi tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga internasional.

Gubri, yang juga merupakan mantan Bupati Siak selama dua periode, mengungkapkan bahwa Riau memiliki potensi besar untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Namun, ini tergantung pada cara guru membimbing setiap murid sesuai dengan potensinya.

Ia menekankan pentingnya para guru memberikan pengajaran yang maksimal. Guru harus meningkatkan kualitas mereka dalam membentuk generasi muda agar mampu menghadapi perubahan. Jika ini dilakukan dengan ikhlas, maka hasilnya pasti akan tercapai. Ia menyatakan keyakinannya bahwa siswa-siswa berprestasi akan lahir dari Kepulauan Meranti.

Selanjutnya, Gubri menyoroti pentingnya pendidikan sebagai fondasi utama dalam membentuk dan mengasah generasi penerus. Ia mengingatkan bahwa kualitas pendidikan memiliki dampak besar pada kemampuan generasi mendatang untuk bersaing di berbagai bidang.

Ia berharap Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi tempat kelahiran anak-anak cerdas dan berkualitas. Ia menegaskan bahwa hal ini akan terwujud berkat upaya luar biasa dari para guru.