BKD Provinsi Riau

BKPPD Sosialisasikan Analisis Standar Belanja Kegiatan di Lingkungan BKPPD Provinsi Riau

26

Dalam rangka rasionalisasi penyusunan anggaran di lingkungan Badan Kepegawaian,  Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Riau dalam hal ini Sub Bagian Bina Program telah melaksanakan sosialisasi Analisis Standar Belanja untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran. Kegiatan diadakan di Aula BKPPD Provinsi Riau dan dihadiri para Kasubbid beserta staf di lingkungan BKPPD Provinsi Riau yang biasanya merancang dan mengusulkan anggaran kegiatan.

Dalam sosialisasi tersebut, Bapak Jeffri Firdaus Arief, SE selaku narasumber menjelaskan pentingnya Analisis Standar Belanja ini untuk menyusun Rencana Kerja dan Anggaran. Disampaikan juga bahwa ASB ini secara umum berlaku untuk 25 kegiatan seperti sosialisasi, pelatihan dan bimtek, pemberian penghargaan bagi PNS dll.

Analisis Standar Belanja menjadi acuan bagi para penyusun anggaran dan pemeriksa anggaran, dalam menyusun dan melihat rasionalisasi distribusi anggaran kegiatan menjadi beberapa komponen biaya kegiatan. ASB menjadi standar baku untuk penghitungan rincian biaya dan total anggaran. Dengan adanya ASB diharapkan tidak terdapat perbedaan anggaran yang signifikan diantara beberapa kegiatan yang sama.

Berikut suasana sosialisasi yang terekam kamera tim peliput BKPPD Provinsi Riau.