BKD Provinsi Riau

BKD Hadirkan Simulasi CAT dan Tes Kepribadian Dalam Riau Expo Tahun Ini

44

Rabu (26 okt 2016) – Gelaran Riau Expo tahun 2016 dibuka secara langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia, Airlangga Hartanto, Senin (24/10/2016) malam. Pertanda dibukanya hajatan tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau itu pun secara simbolis dilakukan dengan menabuh kompang dan pemotongan pita.

Menperin Airlangga saat memberikan sambutannya menyatakan mengaku mengapresiasi Pemprov Riau dalam penyelenggaraan Riau Expo tersebut. Menteri berharap, melalui kegiatan pameran tersebut perekonomian masyarakat Riau semakin berkembang.

“Saya sangat mengapresiasi Riau Expo ini ya. Semoga perekonomian bisa terus berkembang,” ungkap Menperin dalam sambutannya membuka Riau Expo 2016 di Ska Co Ex Pekanbaru.

Sementara itu, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengungkapkan, bahwa pihaknya optimis dapat mengangkat dan membantu mempromosikan sektor-sektor unggulan yang dimiliki 12 kabupaten/kota di Riau. Salah satunya, sektor unggulan sagu.

Sejumlah Instansi/ SKPD turut memeriahkan iven Riau Expo 2016 ini, di antaranya Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau. Kepala BKP2D, Asrizal mengatakan  keikutsertaan dalam Riau Expo ini merupakan wujud partisipasi terhadap pembangunan daerah.

“Program unggulan yang ditampilkan kali ini antara lain Simulasi Computer Assisted Test (CAT), Tes Kepribadian dan Sistem Manajemen Aparatur Responsif Dan Terpadu (SMART)”, ujar Asrizal.

Dijelaskan Asrizal “para pengunjung dapat mencoba Simulasi CAT untuk tes CPNS ini guna melihat kemampuan secara umum, nantinya bagi yang mendapat nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah menarik yang disediakan. Terkait dengan tes kepribadian pengunjung akan mendapat gambaran umum tentang kepribadian mereka dengan menjawab pertanyaan yang ada”.

Sementara itu untuk SMART merupakan sistem aplikasi informasi dan layanan kepegawaian yang dimiliki oleh BKP2D yang berisi database kepegawaian. Fasilitas SMART antara lain: Sistem aplikasi untuk kenaikan pangkat, Sistem aplikasi untuk Pensiun, Sistem aplikasi untuk mutasi kepegawaian lainnya, Sistem aplikasi pengkodean dokumen pegawai, Sistem aplikasi front office dan Back Office. 

“Para PNS nanti bisa bertanya, mendapat penjelasan bahkan melihat data mereka yang terdapat dalam sistem tersebut” tambah Asrizal. (dho/inka)