BKD Provinsi Riau

660 Tenaga Pendidik di Rohul Mendapatkan SK PPPK dari Gubernur Riau Syamsuar

418

Sebanyak 660 guru di Provinsi Riau telah secara resmi menerima Surat Keputusan (SK) sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) fungsional Guru di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sesuai dengan formasi tahun 2022. SK tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, di SMAN 1 Kepenuhan, Kota Tengah, Rohul, pada Kamis (3/8/2023).

Dalam sambutannya, Gubri menyampaikan selamat kepada para tenaga pendidik di Rohul yang telah menerima SK. Ia juga mengungkapkan bahwa di antara 660 tenaga pendidik tersebut, terdapat mantan guru honorer yang telah berdedikasi selama 26 tahun.

“Perkenankan saya untuk mengucapkan selamat kepada para bapak dan ibu guru. Allah telah menentukan bahwa bapak dan ibu mendapatkan SK ini dari tangan saya. Saya baru saja memberikan SK di Pekanbaru, dan ada seorang guru yang telah menjadi honorer selama 20 tahun. Tetapi, di sini, bahkan ada yang telah berdedikasi selama 26 tahun,” katanya.

Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya telah mengusulkan kebutuhan tenaga guru sebanyak 7.297 formasi. Namun, dari seleksi PPPK fungsional guru Pemprov Riau tahun 2022, hanya 5.851 peserta yang dinyatakan lulus. Saat ini, jumlahnya telah berkurang menjadi 5.810 orang.

“Upaya ini telah saya lakukan dengan sungguh-sungguh. Setiap tahun, saya menandatangani SK pensiun, dan mayoritas yang pensiun adalah para guru. Namun, jumlah pengangkatan guru dari Kementerian PANRB tidak sebanding dengan jumlah yang pensiun,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kebutuhan akan PPPK ini menjadi suatu keharusan dalam mengatasi kekurangan pengangkatan ASN,” tambahnya.

Mardia, seorang guru SMA di Rohul, merasa bersyukur dan bangga karena telah menerima SK PPPK dari Gubernur Riau. Ia mengaku telah menjadi guru honorer sejak tahun 1997. Selama 26 tahun sebagai guru honorer, gaji terbesar yang pernah ia terima hanya Rp500 ribu.

“Dengan rasa syukur, saya kini memiliki SK ini. Berada di sini, berdampingan dengan Gubernur Riau, seperti dalam mimpi. Namun, semua ini adalah kenyataan,” tutupnya.

Acara penyerahan SK juga dihadiri oleh Bupati Rohul, Sukiman, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, dan Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan.