BKD Provinsi Riau

Sebanyak 40 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun

297

Sejumlah 40 Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi menerima Surat Keputusan (SK) Pensiun dengan TMT 1 Oktober 2023.

Penyerahan SK Pensiun ini dilakukan oleh Gubernur Riau Syamsuar, yang diwakili oleh Plt Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Aryadi, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi pada hari Senin (7/8/2023).

Aryadi, saat membacakan sambutan Gubernur Riau Syamsuar, menyatakan, “Saya selaku pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi Riau ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh bapak/ibu PNS atas pengabdiannya selama bertugas sebagai abdi negara di Lingkungan Pemprov Riau.”

Dalam sambutannya, Aryadi menunjukkan penghargaan terhadap pengabdian panjang beberapa PNS, dengan beberapa di antaranya telah melayani sebagai ASN selama 38 tahun. Ini adalah masa kerja yang signifikan dan patut diakui.

Ia menjelaskan bahwa masa pensiun adalah bagian penting dari perjalanan seorang PNS yang harus dihadapi. Tahap ini menandai transisi ke fase baru dalam kehidupan, dan Aryadi mendorong untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental untuk menghadapinya, serta menjaga sikap optimis.

Aryadi menyadari bahwa transisi menuju tahap baru dalam hidup bisa menghadirkan tantangan emosional. Terutama bagi Pegawai Negeri Sipil yang memasuki masa pensiun, perubahan seperti ini tidak selalu mudah. Ia mendorong untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Ia juga memberi nasihat agar para pensiunan tidak berhenti beraktivitas setelah menerima SK Pensiun. “Pengembangan hobi yang bermanfaat, terutama yang dapat memberi dampak positif pada masyarakat sekitar dan mendatangkan penghasilan tambahan bagi keluarga, bisa menjadi pilihan,” kata Aryadi.

Aryadi juga mengingatkan tentang perbedaan antara gaji pokok pensiun dengan gaji pokok PNS yang masih aktif. Ia menekankan bahwa perbedaan ini bisa memengaruhi kondisi finansial, dan mendorong untuk terus produktif.

Selain itu, Aryadi menyarankan agar para pensiunan berinteraksi dengan pensiunan lain yang telah berhasil memulai usaha atau menjalani masa pensiun secara produktif. Sharing informasi dan pengalaman dapat memberikan inspirasi bagi rencana masa pensiun.

Ia juga menegaskan pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan spiritualitas selama masa pensiun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKD Riau, Endy Novelly, menjelaskan bahwa penyerahan SK Pensiun ini merupakan bagian dari tugas utama BKD Riau untuk memberikan layanan administrasi umum bagi PNS yang bekerja di Pemprov Riau.

Endinovelly juga menjelaskan bahwa persyaratan usulan pensiun biasanya diajukan 12-15 bulan sebelum tanggal TMT. Hal ini dilakukan untuk memastikan layanan administrasi pensiun berjalan lancar dan menghindari keterlambatan.

Saat ini, pengajuan usulan pensiun masih dilakukan secara manual ke BKD Riau. Namun, BKD Riau sedang mengembangkan aplikasi Sigma untuk pengajuan pensiun secara online. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kepegawaian pensiun di masa mendatang.

Selama acara tersebut, tiga perwakilan pensiunan juga menerima penyerahan Tabungan Hari Tua dari Branch Manager PT. TASPEN. Ibu Gustini, Ibu Hidayati, dan Ibu Muriyati adalah yang menerima penyerahan tersebut, dan juga berfoto bersama dengan para penerima SK Pensiun.