BKD Provinsi Riau

Plt Gubernur Riau Buka Kegiatan Pembekalan Pra Pensiun Untuk ASN Pemprov Riau

571

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution membuka acara pembekalan pra pensiun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru, pada Senin (20/11/2023).

Dalam sambutannya, Plt Gubri menyatakan bahwa masa pensiun merupakan tahapan yang akan dihadapi oleh setiap ASN. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya persiapan yang matang, baik dari segi fisik maupun mental, sejak jauh hari sebelum memasuki masa purna tugas.

“Pensiun adalah suatu tahap yang tak terhindarkan dan merupakan awal dari fase baru yang lebih dekat dengan lingkungan sekitar. Maka, persiapkanlah diri, baik secara fisik maupun mental, untuk menghadapi masa pensiun ini,” ujarnya.

Plt Gubri menyoroti bahwa dengan persiapan yang matang sejak pra pensiun, ASN tidak perlu khawatir ketika memasuki masa purnabakti. Pensiun, menurutnya, bukanlah akhir dari kehidupan, melainkan awal dari babak baru yang lebih dekat dengan lingkungan sekitar.

“Berpikirlah secara optimis, karena pensiun bukanlah akhir, tetapi awal dari fase baru dalam kehidupan untuk lingkungan kita. Sebagai pensiunan, akan ada tahapan baru yang perlu dihadapi,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi kegiatan pembekalan pra pensiun ini, melihat potensi nilai manfaat yang dapat dihasilkannya. Terlebih lagi, setelah pensiun, peserta acara akan tergabung dalam Persatuan Wredetama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Riau.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Jika pembekalan ini dilakukan secara rutin, kita berharap dapat memberikan nilai manfaat bagi peserta yang akan menghadapi masa pensiun,” tambahnya.

Ketua PWRI Provinsi Riau, Brigjen TNI (Purn) Saleh Djasit, menegaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 100 PNS yang akan memasuki masa pensiun. Ia memberikan dorongan kepada peserta untuk tidak takut dan khawatir menghadapi pensiun, karena tujuan dari pembekalan ini adalah untuk saling berbagi pengalaman, keterampilan, dan meningkatkan rasa percaya diri.

“Sebagai pensiunan, kami semakin semangat memberikan materi kepada calon pensiunan. Jangan takut dan khawatir, bergabunglah dengan PWRI karena ini adalah komunitas yang mulia. Kami berusaha memberikan pembekalan kepada calon pensiunan agar tidak cemas,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, SK pensiun juga diserahkan kepada PNS yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau, dengan tanggal pensiun mulai Februari dan Maret tahun 2024. Selain itu, dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara PWRI Riau dan Pemprov Riau tentang pembentukan silver college di Riau.