BKD Provinsi Riau

PENYUSUNAN STANDAR KOMPETENSI JABATAN DORONG SISTEM MERIT DALAM MANAJEMEN KEPEGAWAIAN

86

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau melalui UPT. Penilaian Kompetensi melaksanakan kegiatan Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (Pembekalan Penyusunan, Identifikasi Kompetensi Teknis dan Pembagian Tim Kelompok Kerja).

Kegiatan ini bermaksud untuk tersusunnya Standar Kompetensi Jabatan untuk mendukung pelaksanaan sitem merit dalam manajemen kepegawaian di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Sedangkan tujuannya adalah untuk pembekalan bagi perangkat daerah dan anggota Tim Kelompok Kerja agar dapat menyusun Standar Kompetensi Jabatan sesuai Peraturan Menteri PANRB nomor 38 tahu 2017.

Sekretaris BKD Provinsi Riau, Heri Yanto membacakan kata sambutan kepala BKD Provinsi Riau menyampaikan Standar Kompetensi Jabatan ASN merupakan salah satu unsur yang dinilai Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melihat penerapan sistem merit dalam manajemen ASN.

“Untuk mendorong tersusunnya Standar Kompetensi Jabatan ASN Pemerintah Provinsi Riau Sekretaris Daerah melalui surat Nomor 800/BKD/4.3/VII/2018/05.14 tanggal 18 Juli 2018 Perihal Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Pemerintah Provinsi Riau, telah menyampaikan agar Sekretaris/Kasubbag. Umum/Staf Teknis Penyusun Anjab di masing-masing perangkat daerah, untuk melaksanakan koordinasi dan konsultasi terkait kompetensi teknis jabatan yang sedang/akan disusun oleh Kementerian/Lembaga Negara Teknis terkait. Hasil koordinasi dan konsultasi tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi Perangkat Daerah dan Tim Kelompok Kerja, untuk mengidentifikasi kompetensi teknis yang dibutuhkan untuk menyusun Standar Kompetensi Jabatan ASN, dan merangkumnya menjadi bagian dari Standar Kompetensi Jabatan ASN Pemerintah Provinsi Riau.” ungkapnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Kanreg XII BKN ini diikuti oleh Sekretaris, Kasubbag Umum dan Staf Penyusun Anjab dari OPD dilingkungan Pemprov Riau dan Tim Penyusun Standar Kompetensi Jabatan yang terdiri dari para Assessor dan Analis Kepegawaian dilingkungan BKD Provinsi Riau. (zL_mcBKDRIAU)