BKD Provinsi Riau

Kepala BKD Riau Serahkan SK Pensiun kepada 52 PNS, Dorong Persiapan Fisik dan Mental

83

Mulai 1 Agustus 2024, sebanyak 52 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari 17 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau menerima Surat Keputusan (SK) Pensiun. SK tersebut diserahkan oleh Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto, yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Makmun Murod, di Kantor BKD pada Jumat, 31 Mei 2024.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada para PNS atas pengabdiannya selama bertugas di lingkungan Pemprov Riau,” ujar Makmun Murod. Dia juga mengapresiasi dedikasi PNS yang telah bekerja hingga 39 tahun, sebuah masa kerja yang panjang.

Murod menjelaskan bahwa masa pensiun adalah fase baru yang harus dihadapi oleh PNS. “Persiapkan kondisi fisik dan mental untuk menghadapi masa pensiun, serta selalu berpikir optimis,” katanya. Ia menambahkan bahwa perubahan yang datang dengan pensiun bisa menimbulkan kecemasan dan kebingungan, sehingga persiapan sejak dini sangat penting.

Makmun Murod juga berpesan agar para pensiunan tidak berdiam diri setelah menerima SK Pensiun. “Kembangkan hobi yang bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi tambahan pendapatan keluarga,” sarannya. Menurutnya, gaji pensiun tidak sama dengan gaji PNS aktif, yang bisa menimbulkan stres dan penyakit karena penurunan pendapatan.

Ia mendorong para pensiunan untuk berbagi informasi dengan pensiunan lain yang telah sukses membangun usaha, menjalani masa pensiun secara produktif, serta menjaga pola hidup sehat dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian BKD Riau, Endy Novelly, menambahkan bahwa penyerahan SK Pensiun merupakan bagian dari tugas utama BKD Riau untuk memberikan pelayanan administrasi kepada PNS di Pemprov Riau. Endy menjelaskan bahwa berkas usulan pensiun diminta 12-15 bulan sebelum TMT untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi dan menghindari keterlambatan.

Dalam kegiatan ini, BKD Riau juga mengundang PT Taspen untuk memberikan informasi terkait pencairan pensiun, termasuk perekaman wajah dan sidik jari. “Manfaatkan sosialisasi dari PT Taspen agar tidak bingung dan dapat mengembangkan usaha,” kata Endy.