Sebanyak 858 peserta yang lulus administrasi pendaftaran mengikuti proses seleksi penerimaan calon praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2022 di ruang CAT Kantor Regional XII BKN Pekanbaru yang diadakan pada tanggal 8-10 Juni 2022.


Pada tahun 2022 ini, Provinsi Riau memperoleh kuota sebanyak 28 orang. Pelaksanaan tes SKD dilakukan oleh BKN bekerjasama dengan lembaga IPDN serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau.


Dalam kesempatan ini, Kepala BKD Provinsi Riau Ikhwan Ridwan melakukan pantauan langsung pelaksanaan SKD di Kanreg XII BKN Pekanbaru, dan disambut langsung oleh Kepala Kanreg XII BKN Pekanbaru Anna Hasnah Hasaruddin.


Pelaksanaan SKD IPDN tahun ini terpantau berjalan dengan lancar. Ikhwan mengungkapkan bahwa melalui sistem seleksi berbasis elektronik atau dikenal dengan sistem CAT, nilai ujian akan terlihat pada saat peserta menekan tombol selesai ujian yang ada pada layar komputernya. Selain itu, hasil ujian juga dapat dipantau melalui live streaming pada kanal youtube Kanreg XII BKN Pekanbaru.


"Dengan sistem CAT dan transparansi ini, tidak ada yang bisa menolong/membantu para peserta selain kemampuan diri peserta sendiri, dan jangan percaya kepada pihak yang menjanjikan kelulusan dalam Ujian CAT ini."


Materi yang diuji pada Ujian CAT BKN adalah mengenai kompetensi dasar yang meliputi, materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), test intelegensia umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP).

Adapun batasan nilai kelulusan dari masing-masing materi, terkait penilaian ambang batas seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem CAT yang harus dicapai pada seleksi awal mencakup 65 poin untuk materi TWK, 80 point untuk materi TIU dan 156 point untuk materi TKP.