Setelah dua tahun berturut-turut tidak menjalankan kegiatan Tausiyah di bulan suci Ramamadhan dikarenakan dampak pandemi, akhirnya tahun 1443H/2022M ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau dapat kembali merasakan siraman rohani Ramadhan.


Aparatus Sipil Negara (ASN) di Lingkungan BKD Provinsi Riau sangat antusias mendengarkan tausiyah ba'da zuhur berjama'ah di Mushalla Al-mizan. Tausiyah kali ini di isi oleh Al-Mukarrom Ust. Syaifullah dengan tema Ramadhan membersihkan diri Lahir dan Bathin.


Pada kesempatan tausiyah kali ini, ustadz menyampaikan kepada Jama'ah hendaknya para ASN sudah terbiasa menjaga kebersihan selama pandemi, dengan mencuci tangan dan sebagainya. "Sebagai umat muslim kita sudah diajarkan sejak dini terkait kebersihan diri, terutama dalam hal berwudhu, ditambah lagi dengan dampak pandemi belakangan ini, kita dianjurkan selalu mencuci tangan."


Selain bersih lahir, di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini Al-mukarrom juga menambahkan kebersihan Bathin yang lebih utama. Ramadhan ini mengajarkan kita untuk menjaga hawa nafsu dan juga merupakan latihan yang sangat baik untuk memperbaiki diri. Karena itu, aturlah dirimu sebelum mengatur orang lain, kuasailah dirimu sebelum menguasai orang lain, disiplin lah lah dirimu sebeum mendisiplinkan orang lain, pimpinlah dirimu sebelum memimpin orang lain, tambah Ustadz.


"Kalau puasanya benar, insyaAllah nanti membekas, sehingga kalau nanti keluar dari Ramadhan nanti akan terjadi perubahan-perubahan bagi orang yang Ramadhannya diterima, dan semoga para ASN dapat mengimplementasikan didalam dunia kerjanya." tutup Al-mukarrom diakhir tausiyahnya.