Perwakilan Provinsi Riau Dalam Acara MTQ Ke-IV KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2022

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IV Korps Pegawai Negeri Indonesia (KORPRI) Tingkat Nasional Tahun 2022, Resmi diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Acara pembukaan yang diselenggarakan secara nasional tersebut di buka oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Istana Gubernuran Sumatera Barat , Senin (7/11/2022) malam.

Membacakan amanat Wakil Presiden RI, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan kegiatan MTQ akan memperkuat keislaman dan keimanan. Diharapkan, ASN dengan jumlah mencapai empat juta lebih akan menjadi lebih berintegritas dalam kerangka mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah mempersiapkan venue yang terbaik dan saling berdekatan secara jarak untuk mempermudah mobilisasi peserta dan pendamping. Dan khusus untuk pembukaannya secara khusus diminta Gubernur Sumatera Barat untuk diadakan di Istana Gubernuran agar tempat tersebut memperoleh keberkahan dan kemuliaan dari lantunan ayat Alquran.

“MTQ yang mempertandingkan sembilan cabang yang terdiri atas 26 golongan (14 pria dan 12 wanita) ini diikuti oleh lebih 1.500 kafilah, dewan juri, dewan pengawas, serta official perwakilan Provinsi se-Indonesia, termasuk perwakilan kementerian dan lembaga.” Ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Korpri Zudan Arif Fakrulah. Acara diisi antara lain perkenalan berupa defile dari seluruh kafilah, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori terbaik pada MTQ V di Sulawesi Tenggara.

Tahun ini Qori’ah Provinsi Riau sendiri telah diwakilkan oleh Mariyana, A.Md.Keb Qori’ah asal Kabupaten Rohil. Mariyana, A.Md.Keb mengikuti acara bersama dengan panitia MTQ Korpri yaitu Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau. Tak hanya itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau Bapak Ikhwan Ridwan, S.H, M.Si dan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau Bapak T. Faisyal, SE ikut memberikan dukungan kepada Mariyana, A.Md.Keb.

Acara dilanjutkan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar, serta pengibaran bendera MTQ Korpri, dan penyerahan Piala Bergilir untuk diperebutkan dalam MTQ kali ini.

asnkorpriMTQ