Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau akan terus melakukan razia terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mankir pada jam kerja, jika selama ini razia rutin dilakukan dikedai-kedai kopi, maka kedepan, mall dan juga panti pijat serta salon akan menjadi target Satpol PP dalam melakukan razia.

Kepala Satpol PP Riau Nizhamul kepada Jendela Kepegawaian, Selasa (1/5) dikantor Gubernur Riau. “Kita akan perluas wilayah yang akan dijadikan tempat melakukan razia bagi PNS ‘nakal’ yang keluyuran pada saat jam kerja tersebut, jika selama ini kita memfokuskan pada kedai-kedai kopi, kedepannya, di mall dan juga panti pijat, serta salon yang disinyalir menjadi tujuan PNS, akan kita razia,” jelasnya.

Nizahmul menyebutkan, dijadikannya mal sebagai sasaran untuk mmelakukan razia itu dikarenkan di Mall semua ada, baik tempat makan dan ngopi, dan juga untuk pijat dan SPA ada, itu jualah yang menjadi alasan mengapa razia terhadap PNS ini dilakukan di mall. Pemilihan tempat tersebut juga berdasarkan banyaknya laporan dari masyarakat terkait keberadaan PNS di mall-mal pada jam kerja.

Lebih jauh Nizhamul menjelaskan, dalam beberapa waktu terakhir, pihaknya telah melakukan razia sebanyak empat kali, dari razia-razia yang dilakukan tersebut, telah tertangkap atau didata para PNS yang minum atau ngopi diluar jam istirahat itu sekitar 200 an orang. Dan hal itu telah dilaporkan ke Badan Kepegawaian daerah (BKD) Riau.

“Kita hanya sebatas melakukan penertiban, jika kedapatan, kita data, dan data tersebut kita serahkan kepada BKD, untuk dilakukan tindakan lanjutan. Karena untuk memberikan sanksi, memang bukan kewenangan kita,” tukasnya.

Terkait hal itu, Suranti salah seorang warga mengaku sangat mendukung apa yang akan dilakukan Satpol PP Riau, karena sebagai abdi negara, seorang PNS tidak selayaknya berada diluar terutama pad jam-jam kerja, karena untuk istirahat makan, mereka telah diberikan waktu, jadi tidak ada alasan bagi mereka keluyuran pad jam kerja.

“Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya adalah tugas mereka, karena mereka itu digaji untuk memberikan pelayanan dan melaksanakan tugas-tugas pemerintah dan negara, jadi jika memang Satpol PP akan menggelar razia di mall, panti pijat dan lainnya, kami sebagai msayarakat sangat setuju sekali, karena memang selama ini kami banyak menjumpai para PNS yang berada di Mall atau dipusat perbelanjaan lainnya pada jam kerja,” tegas ibu dua anak tersebut.

Bagi mereka yang kedapatan atau tertangkap, maka mengharapkan BKD selaku pihak yang berwenang memberikan sanksi yang bersifat mampu memberikan efek jera, agar perilaku yang sama tidak diulanginya lagi tukasnya. (MC. BKD)