Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau telah menyerahkan nama tenaga honorer yang masuk Ketegori 2 (K2) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta. Dari 127 kuota honorer K2 di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau hanya 108 honorer yang memenuhi syarat dan selanjutnya akan diseleksi untuk ikut CPNS.“Memang kita telah serahkan nama honorer K. 2 yang berjumah 127, namun dari jumlah yang kita usulkan hanya 18 yang memenuhi syarat,” kata Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian BKD Riau, Drs. Raja Agustiarman, kepada Jendela Kepegawaian, Kamis (14/6) di Kantor BKD Provinsi Riau.

Dikatakan Agustiarman, bagi tenaga honorer yang telah lulus verifikasi oleh BKN, maka mereka selanjutnya akan mengikuti seleksi CPNS yang akan dilakukan pada tahun 2013 mendatang. Seleksi yang dilakukan oleh BKN ini sangat menentukan, apakah tenaga honorer lulus CPNS atau tidak.” Seluruh soal yang menyangkut test honorer K.2 ini semuanya dari pusat. BKD Riau hanya sebagai pelaksanaan saja. Test rencananya akan kita lakukan 2013 mendatang,” kata Agus.

Beberapa tenaga honorer yang tak lulus, kata Agustiarman, menyangkut dengan adanya persyaratan yang tak lengkap yang menjadi syarat untuk honorer K2 misalnya batasan umur. Selain itu, ada tenaga honorer yang telah lulus menjadi CPNS sehingga data honorernya otomatis ditiadakan dan banyak lagi tenaga honorer yang tak memenuhi syarat.” Untuk verifikasi tenaga honorer ini memang sangat ketat. Satu syarat saja kalau tidak memenuhi bisa tidak lulus seperti umur tidak boleh dibawah 19 tahun atau umur tidak boleh diatas 47 tahun  terhitung Januari 2005,” jelas Agus.

Agus juga mengatakna, BKD Riau akan mengakomodir tenaga honorer K2 sepanjang mereka memenuhi persyaratan. Bagi yang tiak memenuhi syarat tidak akan kita usulakan untuk masuk kategori K2.” Yang jelas data K2 kita terima dari kepala SKPD masing-masing selama memenuhi persyaratan untuk diusulkan,” ujar Agus (MC. BKD).