Pekanbaru Tertinggi Disusul Rohil

Seleksi penerimaan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2012 berjalan lancar. Hasil seleksi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau terhadap peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Riau, Rabu (6/6) ditetapkan sebanyak 612 peserta seleksi dinyatakan lulus administrasi.Terkait lulusnya 612 peserta seleksi tersebut dibenarkan oleh Kepala BKD Provinsi Riau, Drs. Zaini Ismail, M. Si. Menurutnya, jumlah tersebut telah dikurangi dengan empat orang yang dinyatakan gagal karena tidak memenuhi kualifikasi sebagai calon praja.” Secara keseluruhan yang memasukkan berkas, kita telah melakukan seleksi dan didapat sebanyak 612 peserta yang kita nyatakan lulus seleksi administrasi. Disamping itu, kita terpaksa menggugurkan empat calon karena tidak memenuhi kualifikasi diantaranya tamatan yang tidak sesuai dengan kriteria. Karena pada penerimaan kali ini kita menerima tamatan dari angkatan 2010 ke atas,’’ ujar Zaini.

Menurut mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau ini juga bahwa tahapan selanjutnya yang harus diikuti para peserta yakni tes psikologi tanggal 19 Juni 2012. ‘’Saya tidak ingat pasti tanggal berapa saja ke lima tes itu akan dilaksanakan. Yang jelas dalam waktu dekat ini yakni tanggal 19 Juni, akan dilaksanakan tes psikologi yang diikuti oleh peserta yang lulus administrasi tersebut,’’ terangnya.

Selain tes psikologi, empat tes lainnya yakni kesehatan, kesamaptaan, akademis dan pantohir. ‘’Kita perkirakan pelaksanaan ke lima tes ini akan berakhir September mendatang dan kita harapkan para peserta dapat mengikuti seleksi itu dengan baik,’’ imbuhnya.

Untuk kuota terbanyak ditempat Kota Pekanbaru dengan jumlah 221 orang, disusul tuan rumah Rokan Hilir sebanyak 96. Sedangkan kabupaten/kota lainnya yakni Indragiri Hulu 21, Kota Dumai 40, Bengkalis 46, Indragiri Hilir 40, Kuantan Singingi 20, Siak 28, Kampar 45, Rokan Hulu 15, Pelalawan 21 dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 19 orang. ‘’Dari seluruh kabupaten/kota se Riau yang mengutus calon prajanya, Kota Pekanbaru dan Rohil yang mendapat kuota terbanyak. Hal ini karena peminat dari dua daerah tersebut yang terbanyak,’’ sebut Zaini.

Berapa kuota penerimaan praja IPDN tahun ini, Zaini mengatakan bahwa kuota tersebut tidak ditentukan melainkan berdasarkan ranking nasional. ‘’Kuota akan ditentukan dengan rangking kelulusan secara nasional. Jadi kita tidak menetapkan target kita hanya melangsungkan seleksi. Kita berharap dari pelaksanaan ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,’’ tuturnya. (MC. BKD)