Seluruh PNS Pemprov Riau segera dibekali Kartu Pegawai Elekteonik (KPE). Kartu yang bisa berfunsi sebagai ATM tersebut diluncurkan dengan menggandeng Bank Riau Kepri.

Digelar peluncuran atau launching penggunaan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) untuk PNS Pemprov Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Senin (5/12/11). Untuk merealisasikan program ini, Pemprov Riau bekerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK). Kesepakatan kedua pihak telah diteken pada 5 Nopember 2011 lalu.

Dijelaskan Deputi bidang Informasi Badan Kepegawan Nasioan (BKN) Yuliana Septiana, penerapan KPE merupakan implementasi dari surat keputusan Kepala BKN no.7 tahun 2009 tentang KPE.

“Penggunaan KPE ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada PNS dan sekaligus penertiban administrasi pegawai,” ujar Yuni.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Said Saqlul Amri mengatakan, bahwa jumlah PNS Pemprov Riau yang berhak memegang KPE adalah 6.963. “Dengan memegang KPE, PNS bisa menggunakan untuk layanan gaji, jaminan kesehatan dan juga jaminan hari tua,” ujar Saqlul.

Selain itu masih ada 1.300 PNS Pemprov Riau yang belum memenuhi syarat mendapatkan KPE.

Sementara itu Gubernur Riau M Rusli Zainal dalam pidato sambutan mengatakan, peluncuran KPE PNS ini merupakan lompatan dalam rangka meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintah dari dalam.

“Keberadaan KPE adalah langkah memangkas banyak regulasi pelayanan terhadap pegawai. Diharapkan dengan ini, paea PNS penerima KPE bisa menbarengi dengan peningkatan profesionalisme pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sedangka Direktur Utama Bank Riau Kepri Erzon mengungkapkan, kepercayaan Pemprov Riau untuk menjadi program KPE, Bank Riau Kepri akan memberikan banyak kemudahan bagi PNS. Misalnya membebaskan pemegang KPE dari seluruh biaya administrasi setiap transaksi.***(riauterkini.com)