Ujian Dinas Dan Ujian Penyesuaian Ijazah Provinsi Riau Periode Juli 2010

Tahun ini BKD Provinsi Riau berkesempatan untuk kembali mengadakan Ujian Dinas TK. I dan TK.II serta Ujian Penyesuaian Ijazah bagi PNS di lingkungan Pemerintahan Provinsi Riau untuk periode Juli 2010. Ujian yang diadakan selama dua hari ini dilaksanakan pada tanggal 06 s/d 07 Juli 2010 bertempat di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN-2) Model Kota Pekanbaru Provinsi Riau, beralamat di Jl. Diponegoro, Pekanbaru.

Ujian Dinas untuk Kenaikan Pangkat merupakan sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap Negara, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000, jo. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Dalam Ujian Dinas kali ini, BKD mencatat ada 513 orang peserta yang berasal dari lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan sejumlah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, dengan rincian sebagai berikut:

a. Ujian Dinas : 159 orang, meliputi:

- Ujian Dinas Tingkat I : 121 orang

- Ujian Dinas Tingkat II : 38 orang

b. Ujian Penyesuaian ijazah : 354 orang, meliputi:

- Tingkat Sarjana (S-2) : 3 orang

- Tingkat Sarjana (S-1) : 160 orang

- Tingkat Diploma III : 17 orang

- Tingkat Diploma II : 25 orang

- Tingkat SLTA : 120 orang

- Tingkat SLTP : 29 orang

Materi yang diberikan dalam Ujian Dinas disesuaikan dengan tingkat dan jenis masing-masing ujian. Secara umum materi ujian meliputi Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Sejarah, Teori Kepemimpinan & Fungsi Manajemen, Tupoksi, SOTK dan Karya Tulis. Sedangkan untuk Ujian Penyesuaian Ijazah, tes diadakan dalam 3 tahap meliputi Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolatik, Karya Tulis dan Wawancara (untuk Tingkat S-1 dan S-2).

Dalam ujian yang diselenggarakan selama dua hari ini, hasil kelulusan yang diperoleh adalah sebanyak 482 peserta lulus, 25 orang tidak lulus dan yang tidak mengikuti ujian sebanyak 6 orang. BKD Provinsi Riau mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah yang telah lulus dalam ujian dinas kali ini.